PENINGKATAN
HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 5 MENGGUNAKAN
MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS
TOGETHER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
SDN
TUKANG 02 KABUPATEN SEMARANG
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
skripsi
untuk memperoleh gelar sarjana pendidikan
pada Universitas Kristen Satya Wacana
oleh
Muhamad
Haris Cahyono
NIM: 292009048
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
KRISTEN SATYA WACANA
SALATIGA
2013
ABSTRAK
Cahyono,
Muhamad, Haris. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas 5
Menggunakan Model Pembelajaran Numbered
Heads Together Dan Media Pembelajaran SDN Tukang 02 Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2012-2013. Program Studi S1
Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Kristen Satya Wacana. Pembimbing
Dra. Deasy Khristina RS, M.Pd.
Kata
kunci: Model Pembelajaran Numbered Heads Together, Media Pembelajaran dan Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
hasil belajar Matematika siswa kelas 5 SD Negeri Tukang 02 Kabupaten Semarang menggunakan
model pembelajaran Numbered Heads
Together dan media pembelajaran dan untuk mengetahui cara penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dan media
pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas 5 SDN Tukang 02.
Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Model PTK
yang digunakan dalam penelitian ini adalah model spiral Kemmis dan Taggart. Penelitian ini terdiri
dari 3 variabel yaitu model pembelajaran Numbered
Heads Together, media pembelajaran dan hasil belajar siswa. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Tukang 02 Kabuaten Semarang dengan
jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 teknik yaitu tes dan non tes. Analisis validitas soal tes menggunakan SPSS
16.0 for Windows, analisis ini digunakan untuk mengetahui validitas soal tes
yang akan diberikan kepada siswa.
Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan hasil belajar siswa. Pada pra siklus ada 12 siswa (60%) yang tuntas
hasil belajarnya, pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa (95%) yang tuntas
dan pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa
(100%). Hasil ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan model Numbered Heads Together dan media
pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan penelitian ini diharapkan
guru menggunakan model pembelajaran Numbered
Heads Together dan media pembelajaran dalam pembelajaran Matematika agar
hasil belajar siswa meningkat.
LEMBAR MOTTO DAN PERSEMBAHAN
Hidup adalah sebuah perjuangan
Segala sesuatu membutuhkan perjuangan
Tidak ada orang yang sukses tanpa berjuang
Berjuang dengan
keras dan selalu ikhtiar agar menjadi orang sukses
Kupersembahkan kepada:
© Bapak ibuku tercinta
© Kakak dan adikku tersayang
© Teman-temanku seangkatan
© Pembaca yang budiman
KATA PENGANTAR
Alkhamdulillahirobbil’alamin
puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT karena atas segala karunia yang
telah diberikan sehingga dapat terselesaikan
skripsi yang berjudul ” Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas 5
Menggunakan Model Pembelajaran Numbered
Heads Together Dan Media Pembelajaran
SDN Tukang 02 Kabupaten
Semarang Tahun Pelajaran 2012-2013”. Skripsi
ini disusun dalam rangka untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan pada Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana. Skripsi ini tidak akan berhasil tanpa ada bantuan
dari semua pihak, baik pihak langsung maupun pihak tidak langsung sehingga
dalam kesempatan ini ucapan
terima kasih ditujukan kepada:
1. Dra.
Yari Dwikurnaningsih, M.Pd selaku
Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana
yang telah menyediakan fasilitas-fasilitas perkuliahan.
2. Herry Sanoto, S.Si,, M.Pd, selaku Kaprogdi S1 PGSD FKIP UKSW yang
telah memberi kesempatan dalam menyelesaikan program studi S1 FKIP PGSD UKSW.
3. Dra. Deasy Khristina RS, M.Pd, selaku dosen pembimbing yang telah
meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan dan pengarahan
sampai terselesaikannya penulisan skripsi ini.
4. Naniek Sulistya Wardani, S.Pd., M.Si, selaku
dosen penguji yang telah memberikan masukan-masukan untuk perbaikan skripsi
ini.
5. Adi
Winanto, selaku wali studi di
Program Studi S1 PGSD FKIP UKSW angkatan 2009 yang telah mendampingi secara akademik.
6. Sri Yuniati, S.Pd.SD, selaku kepala SD Negeri Tukang 02
Kabupaten Semarang yang memberikan ijin dan memberikan
fasilitas-fasilitas pendukung untuk melakukan penelitian.
7. Dwi
Ratna Riskia, A.Ma.Pd, selaku guru
kelas 5 SDN Tukang 02 Kabupaten Semarang yang telah membantu dalam
pelaksanaan penelitian.
8. Siswa SD Negeri Tukang 02 Kabupaten
Semarang yang telah membantu pelaksanaan penelitian.
9. Kedua orang tua yang telah membesarkan dan
mendewasakan dan memberikan bantuan materiil.
10. Semua pihak yang telah membantu kelancaran
dalam penyusunan skripsi ini
yang tidak dapat disebutkan
satu persatu.
Akhir kata semoga skripsi ini
bermanfaat untuk semua pihak.
Salatiga, Mei 2013
Penulis
Tabel
2.1 SK dan KD
mata pelajaran matematika kelas 5 semester II........ 13
Tabel 3.1 Rentang indeks
validitas 30 siswa............................................... 28
Tabel 3.2 Rentang indeks
reabilitas............................................................. 28
Tabel 3.3 Rentang nilai tingkat
kesukaran soal............................................ 29
Tabel 4.1 Distribusi ketuntasan
hasil belajar pra siklus................................ 30
Tabel 4.2 Distribusi ketuntasan
hasil belajar siklus I.................................... 45
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Kerangka berpikir .................................................................... 20
Gambar 3.1 Model spiral Kemmis, S
dan Mc. Tagart, R............................. 23
Gambar 4.1 Diagram distribusi ketuntasan
hasil belajar pra siklus ............. 31
Gambar 4.2 Diagram distribusi ketuntasan
hasil belajar siklus I.................. 46
DAFTAR
LAMPIRAN
Lampiran 1 Surat ijin penelitian................................................................... 54
Lampiran 2 Surat ijin uji instrumen.............................................................. 55
Lampiran 3 Surat rekomendasi
penelitian dari sekolah................................ 56
Lampiran 4 Surat rekomendasi uji
instrument dari sekolah......................... 57
Lampiran 5 Hasil uji validitas
dan reabilitas siklus I.................................... 58
Lampiran 6 Hasil uji validitas
dan reabilitas siklus I.................................... 59
Lampiran 7 Kisi-kisi soal
evaluasi siklus I sebelum diuji validitas dan
reabilitas..................................................................................... 60
Lampiran 8 Kisi-kisi soal
evaluasi siklus I setelah diuji validitas dan
reabilitas..................................................................................... 61
Lampiran 9 Kisi-kisi soal
evaluasi siklus II sebelum diuji validitas dan
reabilitas..................................................................................... 62
Lampiran10 Kisi-kisi soal
evaluasi siklus II setelah diuji validitas
dan reabilitas.............................................................................. 63
Lampiran 11Taraf kesukaran soal
evaluasi siklus I dan II........................... 64
Lampiran 12 RPP siklus I............................................................................ 65
Lampiran 13 RPP siklus II........................................................................... 91
Lampiran 14 Daftar nilai formatif
pra siklus................................................ 116
Lampiran 15 Daftar nilai akhir
siklus I........................................................ 117
Lampiran 16 Daftar nilai akhir
siklus II....................................................... 118
Lampiran 17 Refleksi pembelajaran
siklus I................................................ 119
Lampiran 18 Refleksi pembelajaran
siklus II............................................... 121
Lampiran 19 Kisi-kisi
pembelajaran NHT dan media pembelajaran…….... 122
Lampiran 20 Kisi-kisi aktivitas
siswa selama pembelajaran NHT dan media
Pembelajaran........................................................................... 125
Lampiran 21 Rekap pengamatan
aktivitas mengajar guru........................... 127
Lampiran 22 Rekap observasi
aktivitas belajar siswa siklus I
pertemuan 1 ............................................................................. 128
Lampiran 23 Rekap observasi
aktivitas belajar siswa siklus I
pertemuan 2.............................................................................. 129
Lampiran 24 Rekap observasi
aktivitas belajar siswa siklus II
pertemuan 1.............................................................................. 130
Lampiran 25 Rekap observasi
aktivitas belajar siswa siklus II
pertemuan 2.............................................................................. 131
Lampiran 26 Foto kegiatan
pembelajaran siklus I........................................ 132
Lampiran 26 Foto kegiatan
pembelajaran siklus II...................................... 135
Tidak ada komentar:
Posting Komentar