Kamis, 26 September 2013

HAL JUDUL ABSTRAK DLL



UKSW






PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 5    MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER  DAN MEDIA PEMBELAJARAN
       SDN TUKANG 02 KABUPATEN SEMARANG
      TAHUN PELAJARAN 2012/2013


skripsi
untuk memperoleh gelar sarjana pendidikan
pada Universitas Kristen Satya Wacana




oleh
Muhamad Haris Cahyono
NIM: 292009048




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
          FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
                UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
        SALATIGA
        2013

ABSTRAK

Cahyono, Muhamad, Haris. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas 5 Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Dan Media Pembelajaran SDN Tukang 02 Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2012-2013. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Kristen Satya Wacana. Pembimbing Dra. Deasy Khristina RS, M.Pd.

Kata kunci: Model Pembelajaran Numbered Heads Together, Media Pembelajaran  dan Hasil Belajar

           Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas 5 SD Negeri Tukang 02 Kabupaten Semarang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dan media pembelajaran dan untuk mengetahui cara penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas 5 SDN Tukang 02.
           Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model spiral Kemmis dan Taggart. Penelitian ini terdiri dari 3 variabel yaitu model pembelajaran Numbered Heads Together, media pembelajaran dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Tukang 02 Kabuaten Semarang dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 teknik yaitu  tes dan non tes.  Analisis validitas soal tes menggunakan SPSS 16.0 for Windows, analisis ini digunakan untuk mengetahui validitas soal tes yang akan diberikan kepada siswa.
           Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada pra siklus ada 12 siswa (60%) yang tuntas hasil belajarnya, pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa (95%) yang tuntas dan pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa  (100%). Hasil ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan model Numbered Heads Together dan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
           Berdasarkan penelitian ini diharapkan guru menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dan media pembelajaran dalam pembelajaran Matematika agar hasil belajar siswa meningkat.






        


LEMBAR MOTTO DAN PERSEMBAHAN

Hidup adalah sebuah perjuangan

Segala sesuatu membutuhkan perjuangan

Tidak ada orang yang sukses tanpa berjuang

Berjuang  dengan keras dan selalu ikhtiar agar menjadi orang sukses





Kupersembahkan kepada:
©      Bapak ibuku tercinta
©      Kakak dan adikku tersayang
©      Teman-temanku seangkatan
©      Pembaca yang budiman









KATA PENGANTAR

         Alkhamdulillahirobbil’alamin puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT karena atas segala karunia yang telah diberikan sehingga dapat  terselesaikan skripsi yang berjudul ” Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas 5 Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Dan Media Pembelajaran  SDN  Tukang 02 Kabupaten Semarang  Tahun Pelajaran 2012-2013”. Skripsi ini disusun dalam rangka untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan  pada Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana. Skripsi  ini tidak akan berhasil tanpa ada bantuan dari semua pihak, baik pihak langsung maupun pihak tidak langsung sehingga dalam kesempatan ini ucapan terima kasih ditujukan kepada:
1.      Dra. Yari Dwikurnaningsih, M.Pd selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana yang telah menyediakan fasilitas-fasilitas perkuliahan.
2.      Herry Sanoto, S.Si,, M.Pd, selaku Kaprogdi S1 PGSD FKIP UKSW yang telah memberi kesempatan dalam menyelesaikan program studi S1 FKIP PGSD UKSW.
3.      Dra. Deasy Khristina RS, M.Pd, selaku dosen pembimbing yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan dan pengarahan sampai terselesaikannya penulisan skripsi ini.
4.      Naniek Sulistya Wardani, S.Pd., M.Si, selaku dosen penguji yang telah memberikan masukan-masukan untuk perbaikan skripsi ini.
5.      Adi Winanto, selaku wali studi di Program Studi S1 PGSD FKIP UKSW angkatan 2009 yang telah mendampingi secara akademik.
6.      Sri Yuniati, S.Pd.SD, selaku kepala SD Negeri Tukang 02 Kabupaten Semarang yang  memberikan ijin dan memberikan fasilitas-fasilitas pendukung untuk melakukan penelitian.
7.      Dwi Ratna Riskia, A.Ma.Pd, selaku guru kelas 5 SDN Tukang 02 Kabupaten Semarang  yang telah membantu dalam pelaksanaan penelitian.
8.      Siswa SD Negeri Tukang 02 Kabupaten Semarang yang telah membantu pelaksanaan penelitian.
9.      Kedua orang tua yang telah membesarkan dan mendewasakan dan memberikan bantuan materiil.
10.  Semua pihak yang telah membantu kelancaran dalam penyusunan skripsi ini yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

         Akhir kata semoga skripsi ini bermanfaat untuk semua pihak.



Salatiga,  Mei 2013

                                                                                                                            Penulis




Tabel 2.1 SK dan KD mata pelajaran matematika kelas 5 semester II........      13
Tabel 3.1 Rentang indeks validitas 30 siswa...............................................      28
Tabel 3.2 Rentang indeks reabilitas.............................................................      28
Tabel 3.3 Rentang nilai tingkat kesukaran soal............................................      29
Tabel 4.1 Distribusi ketuntasan hasil belajar pra siklus................................      30
Tabel 4.2 Distribusi ketuntasan hasil belajar siklus I....................................      45


DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Kerangka berpikir ....................................................................      20
Gambar 3.1 Model spiral Kemmis, S dan Mc. Tagart, R.............................      23
Gambar 4.1 Diagram distribusi ketuntasan hasil belajar pra siklus .............      31
Gambar 4.2 Diagram distribusi ketuntasan hasil belajar siklus I..................      46



















DAFTAR LAMPIRAN


Lampiran 1 Surat ijin penelitian...................................................................      54
Lampiran 2 Surat ijin uji instrumen..............................................................      55
Lampiran 3 Surat rekomendasi penelitian dari sekolah................................      56
Lampiran 4 Surat rekomendasi uji instrument dari sekolah.........................      57
Lampiran 5 Hasil uji validitas dan reabilitas siklus I....................................      58
Lampiran 6 Hasil uji validitas dan reabilitas siklus I....................................      59
Lampiran 7 Kisi-kisi soal evaluasi siklus I sebelum diuji validitas dan
                  reabilitas.....................................................................................      60
Lampiran 8 Kisi-kisi soal evaluasi siklus I setelah diuji validitas dan
                  reabilitas.....................................................................................      61
Lampiran 9 Kisi-kisi soal evaluasi siklus II sebelum diuji validitas dan
                  reabilitas.....................................................................................      62
Lampiran10 Kisi-kisi soal evaluasi siklus II setelah diuji validitas
                  dan reabilitas..............................................................................      63
Lampiran 11Taraf kesukaran soal evaluasi siklus I dan II...........................      64
Lampiran 12 RPP siklus I............................................................................      65
Lampiran 13 RPP siklus II...........................................................................      91
Lampiran 14 Daftar nilai formatif pra siklus................................................      116
Lampiran 15 Daftar nilai akhir siklus I........................................................      117
Lampiran 16 Daftar nilai akhir siklus II.......................................................      118
Lampiran 17 Refleksi pembelajaran siklus I................................................      119
Lampiran 18 Refleksi pembelajaran siklus II...............................................      121
Lampiran 19 Kisi-kisi pembelajaran NHT dan media pembelajaran……....      122
Lampiran 20 Kisi-kisi aktivitas siswa selama pembelajaran NHT dan media
Pembelajaran...........................................................................      125
Lampiran 21 Rekap pengamatan aktivitas mengajar guru...........................      127
Lampiran 22 Rekap observasi aktivitas belajar siswa siklus I
                    pertemuan 1 .............................................................................      128
Lampiran 23 Rekap observasi aktivitas belajar siswa siklus I
                    pertemuan 2..............................................................................      129
Lampiran 24 Rekap observasi aktivitas belajar siswa siklus II
                    pertemuan 1..............................................................................      130
Lampiran 25 Rekap observasi aktivitas belajar siswa siklus II
                    pertemuan 2..............................................................................      131
Lampiran 26 Foto kegiatan pembelajaran siklus I........................................      132
Lampiran 26 Foto kegiatan pembelajaran siklus II......................................      135



Tidak ada komentar:

Posting Komentar