Kamis, 26 September 2013

BAB III



BAB III
METODE PENELITIAN

3.1.     Setting dan Karakteristik Subjek penelitian

           Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Tukang 02 Kabupaten Semarang pada mata pelajaran matematika pada semester II tahun ajaran 2012/ 2013, yaitu bulan April 2013.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 yang jumlahnya 20 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Rata-rata umur siswa kelas 5 adalah 11 tahun dan siswa berasal dari desa Tukang dan desa-desa tetangga.
3.2.   Variabel Penelitian
           Variabel yang menjadi objek penelitian, yaitu:
1)      Variabel bebas (independen)
Model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan media pembelajaran adalah suatu model pembelajaran Matematika dengan KD 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan KD 6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang dengan langkah-langkah: membentuk kelompok, penomoran, mendiskusikan sifat-sifat yang dimiliki bangun datar dan bangun ruang menggunakan media bangun datar dan ruang dari kertas karton, mempresentasikan sifat-sifat bangun datar dan ruang di depan kelas, memberikan  tanggapan presentasi sifat-sifat bangun datar dan ruang  membuat kesimpulan sifat-sifat bangun datar dan ruang.

2)  Variabel Terikat (dependen)
Hasil Belajar adalah besarnya skor siswa yang diperoleh dari skor tes (tes formatif) dan penilaian proses belajar (pembentukan kelompok, penomoran, diskusi, presentasi, membuat kesimpulan).



3.3.   Rencana Tindakan
         Rancangan penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart (Iskandar 2012:29). Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.

Gambar 3.1
Model Spiral Kemmis, S dan Mc. Taggart, R

Secara rinci prosedur penelitian yang akan dilakukan adalah sebagai berikut:

SIKLUS I
1)      Perencanaan
a)      Menganalisis Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD).
b)      Membuat RPP yang menggambarkan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dan media pembelajaran.
c)      Menyiapkan media yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
d)     Membuat lembar kerja siswa yang isinya berupa soal.
e)      Membuat alat evaluasi tes formatif siklus 1.
f)       Membuat instrumen penelitian.
g)      Menyiapkan lembar observasi aktivitas mengajar guru.
h)      Menyiapkan lembar observasi aktivitas belajar siswa.
2)      Tindakan dan Observasi
Langkah-langkah tindakan yang digunakan dalam menggunakan model NHT dan media pembelajaran KD 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar:  membentuk kelompok, penomoran, mendiskusikan sifat-sifat yang dimiliki bangun datar menggunakan media bangun datar dari kertas karton, mempresentasikan sifat-sifat bangun datar di depan kelas, memberikan  tanggapan presentasi sifat-sifat bangun datar, membuat kesimpulan sifat-sifat bangun datar.
3)      Refleksi
a)      Menganalisis dan mendiskusikan hasil pengamatan, selanjutnya membuat suatu refleksi tentang apa saja yang perlu diperbaiki untuk siklus II nantinya.
b)      Membuat simpulan sementara terhadap pelaksaan siklus I.

SIKLUS II
Untuk melaksanakan siklus 2 secara teknis sama dengan pelaksaan siklus 1. Langkah-langkah dalam siklus 2 ini yang perlu ditekankan mulai dari perancanaan, pelaksaan, pengamatan dan refleksi yang akan dijelaskan sebagai berikut:
1)      Perencanaan
i)        Menganalisis Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD).
j)        Membuat RPP yang menggambarkan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dan media pembelajaran.
k)      Menyiapkan media yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
l)        Membuat lembar kerja siswa yang isinya berupa soal.
m)    Membuat alat evaluasi tes formatif siklus 1.
n)      Membuat instrumen penelitian.
o)      Menyiapkan lembar observasi aktivitas mengajar guru.
p)      Menyiapkan lembar observasi aktivitas belajar siswa.
2)      Tindakan dan Observasi
Langkah-langkah tindakan yang digunakan dalam menggunakan model NHT dan media pembelajaran KD 6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang: membentuk kelompok, penomoran, mendiskusikan sifat-sifat yang dimiliki bangun ruang menggunakan media bangun ruang dari kertas karton, mempresentasikan sifat-sifat bangun ruang di depan kelas, memberikan  tanggapan presentasi sifat-sifat bangun ruang, membuat kesimpulan sifat-sifat bangun ruang.
3)      Refleksi
Pembelajaran menggunakan model NHT dan media pembelajaran dapat meningkatkan hasi belajar matematika siswa.

3.4.   Data Dan Cara Pengumpulan Data
3.4.1 Data
Data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif.
1)   Data Kuantitatif
Data kuantitatif ini berupa nilai yang diperoleh dari nilai ulangan harian sebelum pembelajaran dengan model NHT dan media pembelajaran dan nilai tes akhir siklus. Nilai tes akhir siklus diasumsikan merupakan pencerminan hasil yang telah dicapai siswa dalam belajar matematika.
2)     Data Kualitatif
Data kualitatif dalam penelitian ini berupa informasi berbentuk kalimat yang memberi gambaran tentang aktivitas belajar siswa dan performansi guru. Data tersebut berupa hasil pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa dan performansi guru dengan menggunakan lembar pengamatan pada siklus I dan siklus II.
3.4.2 Cara Pengumpulan  Data
Penelitian tindakan ini menggunakan 2 cara pengumpulan,yaitu:
1)      Tes
Tes ini memuat beberapa pertanyaan yang berisi tentang materi-materi dalam suatu pokok bahasan yang berbentuk pilihan ganda. Adapun pemberian skor pada tes hasil belajar adalah jika benar skor 1 dan jika salah skor 0. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa setelah mendapatkan materi yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Heads Together dan  media pembelajaran pada siklus 1 dan 2. Kisi-kisi soal tes evaluasi dapat dilihat di lampiran.
2)      Non tes
a.       Dokumentasi
      Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan  daftar nama siswa dan daftar nilai ulangan siswa sebelum dilakukan penelitian.
b.      Observasi
      Observasi digunakan untuk memperoleh data aktivitas belajar siswa dan performansi guru dalam proses pembelajaran. Panduan observasi menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan performansi guru. Observasi dilakukan untuk mendapatkan data yang dilakukan pada  tiap siklus. Hasi observasi siklus 1 dipakai untuk direfleksikan pada siklus 2 dan seterusnya. Dalam observasi dapat dilihat apakah proses KBM telah sesuai dengan yang diharapkan. kisi-kisi observasi pembelajaran NHT dan media pembelajaran dapat dilihat dilampiran.
a.  Jangkauan = Datum terbesar- Datum terkecil
b.   Panjang interval kelas = jangkauan / banyakanya kelas interval
c.  Hasil perhitungan menentukan interval angket keaktifan
Jawaban setiap item instrument yang menggunkan skala likert mempunyai gradasi dari sangat positif ke sangat negatif, yang dapat berupa kata-kata antara lain :


a.       Sangat setuju
b.      Setuju
c.       Ragu-ragu
d.      Tidak setuju
e.       Sangat tidak setuju

a.       Sangat aktif
b.      Aktif
c.       Cukup aktif
d.      Kurang aktif
a.       Sangat baik
b.      Baik
c.       Cukup baik
d.      Kurang baik


3.4.3  Cara Analisis Data
           Penelitian ini menggunakan cara analisis Deskriptif Komparatif yaitu membandingkan hasil belajar siswa pada pra siklus dengan hasil belajar siswa pada siklus I dan II dengan menggunakan nilai maksimal, nilai minimal, nilai rata-rata, distribusi frekuensi, persentase.

3.5.   Indikator Kinerja
Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman tentang materi pelajaran dan meningkatnya hasil belajar siswa yang ditandai dengan:
1.      Rata-rata nilai kelas diatas  62.
2.      100% siswa dapat mencapai KKM

3.6.   Analisis Data    
3.6.1 Validitas Instrumen
Wardani Naniek Sulistya, Slameto (Sudijono, A, 2011: 85) “validitas adalah ketepatan mengukur yang dimiliki oleh sebutir item untuk mengukur apa yang seharusnya”. Sebutir item dapat dikatakan memiliki validitas yang tinggi jika skor pada item soal memilikikesesuaian atau kesejajaran arah dengan skor totalnya. Rentang indeks  validitas 30 siswa dapat dilihat pada tabel 3.3.

Tabel 3.1
Rentang indeks Validitas 30 siswa

No
Indeks
Interpretasi
1
0,81 – 1,00
Sangat tinggi
2
0,61 – 0,80
Tinggi
3
0,41 – 0,60
Cukup
4
0,21 – 0,40
Rendah
5
0,00 – 0,20
Sangat Rendah

         Hasil uji validitas dapat dilihat di lampiran.

3.5.2 Reliabilitas Instrumen
“Reliabilitas adalah kemampuan alat ukur untuk memberikan hasil pengukuran yang konsatan” (Naniek Sulistya wardani, Slameto, 2012: 86). Pengertian yang paling sederhana dari reliabilitas adalah kemampuan alat ukur yang dapat diandalkan dan mempunyai keajegan hasil. Permasalahan dalam reliabilitas adalah kesalahan dalam penggunaan suatu alat ukur, semakin kecil  kesalahan terjadi, maka semakin realiabel alat ukur tersebut. Rentang indeks reabilitas dapat dilihat pada tabel 3.2.

Tabel 3.2
Rentang indeks Reliabilitas

No
Indeks
Interpretasi
1
0,81 – 1,00
Sangat reliabel
2
0,61 – 0,80
Reliabel
3
0,41 – 0,60
Cukup reliabel
4
0,21 – 0,40
Agak reliabel
5
0,00 – 0,20
Kurang reliabel
Hasil uji reabilitas dapat dilihat di lampiran.

3.6.  Tingkat Kesukaran (TK) Tes Pilihan Ganda
         Wardani, Naniek Sulistya, dkk (Slameto, 2001: 81) “Tingkat kesukaran adalah angka yang menunjukkan proporsi peserta didik yang menjawab betul suatu butir soal”. Semakin besar tingkat kesukaran berarti soal itu semakin mudah, demikian juga sebaliknya semakin rendah tingkat kesukaran berasti soal itu semakin sukar. Tingkat kesukaran soal adalah peluang untuk menjawab benar suatu soal pada tingkat kemampuan tertentu yang biasanya dinyatakn dalam bentuk indeks. Indeks kesukaran (P ) dapat dihitung dengan rumus berikut ini.

P=
Dimana:
B  =  jumlah peserta didik ya g menjawab betul, N = jumlah peserta didik
P = jumlah peserta didik yang menjawab benar dibagi dengan jumlah keseluruha peserta didik
N  = Proporsi peserta didik yang menjawab dengan benar.
Rentang tingkat kesukaran soal dapat dilihat pada tabel 3.3.

Tabel 3.3
 Rentang Nilai Tingkat Kesukaran

Rentang Nilai
Tingkat Kesukaran
0.00 – 0.25
0.26 – 0.75
0.76 – 1.00
Sukar
Sedang
Mudah

Hasil uji tingkat kesukaran soal dapat dilihat di lampiran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar