Kamis, 26 September 2013

BAB V

BAB V
PENUTUP
5.1  Simpulan
Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas yang sudah dilaksanakan di SDN Tukang 02 Kabupaten Semarang yang terdiri dari 2 siklus dapat diambil simpulan :
1.      Penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together  dan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar  matematika siswa kelas V SDN Tukang 02 tahun pelajaran 2012-2013. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa. Pada kondisi awal terdapat 12 siswa (60%) yang tuntas dan 8 siswa (40%) yang tidak tuntas. Pada siklus I terjadi peningkatan  19 siswa (95%) yang tuntas dan 1 siswa (5%) yang tidak tuntas. Pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 20 siswa  (100%).
2.      Penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together  dan media pembelajaran dapat menarik minat dan melatih siswa untuk bekerja bersama menyelesaikakan soal dalam kelompoknya, selain itu model pembelajaran ini melatih siswa berbicara di depan orang tentang hasil pekerjaan kelompoknya sehingga dapat menumbuhkan rasa percaya diri masing-masing siswa dan juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
3.      Pembelajaran menggunakan  model pembelajaran  NHT dilakukan dengan langkah-langkah pembagian kelompok, diskusi, menyampaikan hasil diskusi, memberikan tanggapan dan membuat kesimpulan (Saminanto.2010:35-36). Masing-masing langkah dalam pembelajaran model NHT melibatkan peran akif siswa. Selain menggunakan model pembelajaran NHT menurut Azhar Arsyad (Ibrahim.192:432) penggunaan media pembelajaran membawa dan membangkitkan rasa senang dan gembira bagi murid-murid dan mempengaruhi semangat mereka . . . membantu memantapkan pengetahuan pada benak para siswa serta menghidupkan pelajaran.

5.2  Saran
Berdasarkan hasil simpulan di atas maka disarankan:
1.      Saran Teoritis
Dilakukan penelitian lebih lanjut menggunakan  model pembelajaran  NHT dan media pembelajaran dengan subyek yang berbeda karena teori ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
2.      Saran Praktis
1.      Bagi sekolah
Sekolah membuat kebijakan untuk guru saat mengajar menggunakan model pembelajaran NHT dan media pembelajaran.
2.      Kepala sekolah
Kepala sekolah segera memberikan masukan guru tentang penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran.
3.      Bagi guru
Guru hendaknya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together  dan media pembelajaran  agar siswa senang dan tertarik dengan materi yang sedang dipelajari sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
4.      Bagi siswa
Siswa diharapkan aktif saat KBM karena dari NHT dan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar