BAB V
PENUTUP
5.1 Simpulan
Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas yang sudah dilaksanakan di SDN
Tukang 02 Kabupaten Semarang yang terdiri dari 2 siklus dapat diambil simpulan
:
1.
Penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dan
media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Tukang 02 tahun
pelajaran 2012-2013. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa.
Pada kondisi awal terdapat 12 siswa (60%) yang tuntas dan 8 siswa (40%) yang
tidak tuntas. Pada siklus I terjadi peningkatan 19 siswa (95%) yang tuntas dan 1 siswa (5%)
yang tidak tuntas. Pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 20
siswa (100%).
2.
Penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dan
media pembelajaran dapat menarik minat dan melatih siswa untuk bekerja bersama
menyelesaikakan soal dalam kelompoknya, selain itu model pembelajaran ini
melatih siswa berbicara di depan orang tentang hasil pekerjaan kelompoknya
sehingga dapat menumbuhkan rasa percaya diri masing-masing siswa dan juga dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
3. Pembelajaran
menggunakan model pembelajaran NHT dilakukan dengan langkah-langkah
pembagian kelompok, diskusi, menyampaikan hasil diskusi, memberikan tanggapan
dan membuat kesimpulan (Saminanto.2010:35-36). Masing-masing langkah dalam
pembelajaran model NHT melibatkan peran akif siswa. Selain menggunakan model
pembelajaran NHT menurut Azhar Arsyad (Ibrahim.192:432) penggunaan media
pembelajaran membawa dan membangkitkan rasa senang dan gembira bagi murid-murid
dan mempengaruhi semangat mereka . . . membantu memantapkan pengetahuan pada
benak para siswa serta menghidupkan pelajaran.
5.2 Saran
Berdasarkan hasil simpulan di atas maka disarankan:
1.
Saran Teoritis
Dilakukan penelitian lebih lanjut menggunakan
model pembelajaran NHT dan media pembelajaran dengan subyek yang
berbeda karena teori ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
2.
Saran Praktis
1.
Bagi sekolah
Sekolah membuat kebijakan untuk guru
saat mengajar menggunakan model pembelajaran NHT dan media pembelajaran.
2.
Kepala sekolah
Kepala sekolah segera memberikan
masukan guru tentang penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dan media pembelajaran dalam kegiatan
pembelajaran.
3.
Bagi guru
Guru hendaknya dalam melaksanakan kegiatan
pembelajaran menggunakan model pembelajaran Numbered
Heads Together dan media
pembelajaran agar siswa senang dan
tertarik dengan materi yang sedang dipelajari sehingga dapat meningkatkan hasil
belajar siswa.
4.
Bagi siswa
Siswa diharapkan aktif saat KBM
karena dari NHT dan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar