RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD N Mangunsari 01
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/Semester : VI / I
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi :
2. Memahami perkembangbiakan makhluk hidup.
B.
Kompetensi
Dasar
2.3 Mengidentifikasi perkembangbiakan hewan dan tumbuhan.
C.
Indikator
§
Menyebutkan dan menjelaskan perkembangbiakan pada tumbuhan
§
Menyebutkan bagian-bagian bunga dan fungsinya
§
Menyebutkan dan menjelaskan penyerbukan pada tumbuhan
§
Menyebutkan dan menjelaskan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami dan buatan
§
Menyebutkan kelemahan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan
D.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat :
§ Setelah memperhatikan penjelasan guru tentang perkembangbiakan pada
tumbuhan siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan 2 perkembangbiakan pada
tumbuhan dengan benar.
§ Setelah memperhatikan
penjelasan guru tentang bagian-bagian bunga dan fungsinya siswa dapat menyebutkan bagian-bagian bunga dan
fungsinya dengan benar.
§ Setelah memperhatikan
penjelasan guru tentang penyerbukan pada tumbuhan siswa dapat menyebutkan dan
menjelaskan 4 macam penyerbukan pada tumbuhan dengan
benar.
§ Setelah memperhatikan
penjelasan guru tentang macam perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami dan buatan siswa dapat
menyebutkan dan menjelaskan 5 macam perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami dan buatan dengan benar.
§ Setelah memperhatikan
penjelasan guru tentang kelemahan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan
siswa dapat menyebutkan kelemahan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif
buatan dengan benar.
§
Karakter siswa
yang diharapkan:
Ø
Displin ( Discipline )
Ø
Berani (brave)
Ø
Bertanggung jawab ( responsibility )
Ø
Kerja sama (cooperation)
Ø
Rasa
hormat dan perhatian (respect),
Ø
Religius
E.
Materi
Ajar
Perkembangbiakan Tumbuhan
1.
Perkembangan secara generatif
Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan adalah terjadinya
tumbuhan baru yang didahului dengan penyerbukan. Penyerbukan merupakan
peristiwa jatuhnya serbuk sari yang mengandung sel kelamin jantan ke kepala
putik yang
mengandung sel kelamin betina.
Berdasarkan
asal serbuk sari, penyerbukan dibedakan menjadi empat macam.
a.
Penyerbukan sendiri, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga itu sendiri.
b. Penyerbukan tetangga,
yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain tetapi kedua bunga itu masih satu pohon.
c. Penyerbukan silang, yaitu
serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon tetapi masih
satu jenis.
d. Penyerbukan bastar, yaitu
serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon dan tidak
sejenis tetapi masih satu famili. Contoh penyerbukan antara cabe merah dengan
cabe rawit.
2. Perkembangbiakan secara vegetative
a. Perkembangbiakan
Vegetatif Alami
Perkembangbiakan vegetatif alami
adalah perkembangbiakan secara tidak kawin pada tumbuhan yang terjadi dengan
sendirinya tanpa bantuan manusia. Macam-macam perkembangbiakan vegetatif alami,
antara lain menggunakan umbi lapis, umbi batang, umbi akar,akar tinggal,
geragih, tunas, tunas adventif.
b.
Perkembangbiakan vegetatif buatan
Perkembangbiakan vegetatif buatan
adalah perkembangbiakan secara tidak kawin pada tumbuhan yang sengaja di
lakukan oleh manusia atau dengan bantuan manusia. Macam-macam perkembangbiakan
vegetative buatan, antara lain mencangkok, menempel (okulasi), menyambung/
mengenten, stek, dan merunduk.
F.
Metode
Pembelajaran
Tanya Jawab, ceramah, diskusi , penugasan
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
·
Salam Pembuka
·
Berdoa
·
Perkenalan
·
Presensi
·
Menyiapkan siswa baik secara fisik maupun psikis
·
Menyampaikan
tujuan KBM kepada siswa
·
Memberikan
keyakinan kepada siswa bahwa siswa mampu terhadap materi yang akan dipelajari
·
Apersepsi / Motivasi
-
Apersepsi/ Motivasi
Siswa diminta menceritakan pengalaman pribadinya yang
berhubungan dengan tuimbuhan
”Anak-anak
apakah kalian mempunyai tanaman atau tumbuhan di sekitar rumah kalian? Tanaman
apa saja itu apakah tanaman buah-buahan, sayuran atau tanaman rempah-rempah ?.
”Sekarang kan musim kemarau apakah kalian sering menyiram tanaman-tanaman
yang ada di rumah kalian”. ” Nah anak-anak pada pagi hari ini kita akan
belajar tentang tumbuhan yaitu tentang perkembangbiakanya
|
10 menit
|
Tekun, sopan,
disiplin, religius, rasa hormat
|
Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o Menjelaskan
pengertian perkembangbiakan tumbuhan
baik secara generative ataupun vegetatif.
o Menjelaskan
perkembangbiakan tumbuhan secara generative (melalui penyerbukan) pada
tumbuhan, bagian-bagian bunga dan fungsinya, macam penyerbukan pada tumbuhan
o menjelaskan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami dan buatan
o Menjelaskan
kelemahan perkembangbiakan tumbuhan
secara vegetatif buatan
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o Memberikan
gambar sebuah bunga untuk dilengkapi siswa tentang nama-nama fungsi bagian bunga tersebut
secara berkelompok dengan teman sebangkunya
o Menempelkan gambar tumbuhan di papan tulis, kemudian menunjuk siswa
untuk mengisi pertanyaan yang ada.
o Memberikan soal kepada siswa
untuk dikerjakan secara individu
Konfirmasi
o Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
o Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan, dan penyimpulan
|
60 menit
|
Rasa hormat dan
perhatian/kepedulian berani
Bertanggung jawab , kerjasama
|
§ KegiatanPenutup
·
Mengucapkan terima kasih kepada siswa karena
telah perhatian dan aktif dalam mengikuti pelajaran
·
Guru mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan salam
penutup.
|
5 menit
|
Perhatian
|
H.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku paket BSE IPA kelas
VI
§ Gambar-gambar tanaman
§ Batang pohon ketela
rambat,bawang merah, bawang putih
I.
Penilaian
Tertulis
A.
Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!
1.
Perkembangbiakkan tumbuhan secara kawin
disebut juga ….
c. Generative
d.
Membelah diri
|
a.
Vegegatif
b.
Regenerasi
c. Berkembangbiak
d. Tumbuh dan bergerak
|
a.
Hidup dan tumbuh
b.
Peka terhadap rangsangan
3. Bawang merah berkembang biak dengan ....
a.
Umbi akar
c. Umbi batang
d. Tunas
|
b.
Umbi lapis
4. Pernyataan yang salah tentang
perkembangbiakkan tumbuhan adalah ….
a.
Strowberi berkembangbiak
dengan tunas
b.
Mangga berkembangbiak
dengan biji
c.
Cocor bebek berkembangbiak
dengan tunas adventif
d.
Pisang berkembangbiak dengan tunas
5.
Di bawah merupakan keuntungan perkembangbiakkan secara vegetative buatan
kecuali
a.
Hasilnya sama dengan
induknya
b.
Cepat berbuah dan
memberi hasil
c.
Sifatnya sama dengan
induknya
d.
Tidak tahan terhadap
hama
6.
Tanaman pada gambar di bawah ini, berkembang biak menggunakan ....
a.
Tunas adventif
b.
Geragih
c.
Stek
d.
Umbi lapis
c. Okulasi
d. Kopulasi
|
a.
Mencangkok
b.
Menyetek
c. Geragih
d. Stek
|
a.
Akar tinggal
b.
Tunas
9. ketela pohon berkembang biak
dengan . . . .
a.
Akar tinggal
c. Geragih
d. Stek
|
b.
Tunas
10. Jatuhnya serbuk sari ke kepala putik disebut
. . .
a.
Pelapukan
b.
Perkembangbiakan
c.
Penyerbukan
d.
Pertumbuhan
B. Jawablah pertanyaan di
bawah ini !
1.
Sebutkan dan jelaskan 2 macam perkembangbiakan pada tumbuhan ! (nilai 4)
2.
Sebutkan 4 bagian bunga yang kamu ketahui! (nilai 4)
3.
Sebutkan dan jelaskan 4 macam penyerbukan pada tumbuhan!(nilai 8)
4.
Sebutkan 4 tanaman yang berkembangbiak dengan cara stek!(nilai 4)
Kunci jawaban
I 1. C 6. C
2. C 7. C
3. B 8. A
4. A 9.
D
5. D
10. C
II. 1. a. Perkembangbiakan
secara generatif adalah perkembangan atau terjadinya tumbuhan baru secara kawin
b. Perkembang biakan secara
vegetatif adalah perkembangan atau terjadinya
tumbuhan baru tanpa ada perkawinan.
2.
Mahkota, putik, benang sari, kelopak,
tangkai bunga
3. a. Penyerbukan sendiri,
yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga itu sendiri.
b. Penyerbukan
tetangga, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain tetapi kedua bunga
itu masih satu pohon.
c. Penyerbukan
silang, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon
tetapi masih satu jenis.
d. Penyerbukan
bastar, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon
dan tidak sejenis tetapi masih satu family.
4. ketela pohon, tebu, mawar, melati, dan kangkung.
CATATAN :
Nilai =
X 10
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mangunsari,
18 September 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah SD N Mangunsari 01 Guru praktikan
P.
Muslikan M.Pd Muhamad
Haris Cahyono
NIP : 19590419 197802 1001 NIM : 292009048
Guru kelas VI
Tamadi, S.Pd
NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar