Sabtu, 17 November 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                   :   SD N Mangunsari 01
Mata Pelajaran      :   IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/Semester       :   VI / I
Pertemuan Ke        :   1
Alokasi Waktu       :   2 x 35 menit

A.    Standar  Kompetensi      :          
2. Memahami perkembangbiakan makhluk hidup.
B.     Kompetensi Dasar          
2.3 Mengidentifikasi perkembangbiakan hewan dan tumbuhan.
C.    Indikator
§  Menyebutkan dan menjelaskan perkembangbiakan pada tumbuhan
§  Menyebutkan bagian-bagian bunga dan fungsinya
§  Menyebutkan dan menjelaskan penyerbukan pada tumbuhan
§  Menyebutkan dan menjelaskan perkembangbiakan tumbuhan  secara vegetatif alami dan buatan
§  Menyebutkan kelemahan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan

D.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
§  Setelah memperhatikan  penjelasan guru tentang perkembangbiakan pada tumbuhan siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan 2 perkembangbiakan pada tumbuhan dengan benar.
§  Setelah memperhatikan penjelasan guru tentang bagian-bagian bunga dan fungsinya siswa dapat menyebutkan bagian-bagian bunga dan fungsinya dengan benar.
§  Setelah memperhatikan penjelasan guru tentang penyerbukan pada tumbuhan siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan 4 macam penyerbukan pada tumbuhan dengan benar.
§  Setelah memperhatikan penjelasan guru tentang macam perkembangbiakan tumbuhan  secara vegetatif alami dan buatan siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan  5  macam perkembangbiakan tumbuhan  secara vegetatif alami dan buatan dengan benar.
§  Setelah memperhatikan penjelasan guru tentang kelemahan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan siswa dapat menyebutkan kelemahan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan dengan benar.
§   

Karakter siswa yang diharapkan:
Ø  Displin ( Discipline )
Ø  Berani (brave)
Ø  Bertanggung jawab  ( responsibility )
Ø  Kerja sama (cooperation)
Ø  Rasa hormat dan perhatian (respect),
Ø  Religius

E.     Materi Ajar         

Perkembangbiakan Tumbuhan

1.      Perkembangan secara generatif

      Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan adalah terjadinya tumbuhan baru yang didahului dengan penyerbukan. Penyerbukan merupakan peristiwa jatuhnya serbuk sari yang mengandung sel kelamin jantan ke kepala putik yang
mengandung sel kelamin betina.
 

Berdasarkan asal serbuk sari, penyerbukan dibedakan menjadi empat macam.
a. Penyerbukan sendiri, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga itu sendiri.
b. Penyerbukan tetangga, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain tetapi kedua bunga      itu masih satu pohon.
c. Penyerbukan silang, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon tetapi masih satu jenis.
d. Penyerbukan bastar, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon dan tidak sejenis tetapi masih satu famili. Contoh penyerbukan antara cabe merah dengan cabe rawit.

2. Perkembangbiakan secara vegetative

a.    Perkembangbiakan Vegetatif Alami
Perkembangbiakan vegetatif alami adalah perkembangbiakan secara tidak kawin pada tumbuhan yang terjadi dengan sendirinya tanpa bantuan manusia. Macam-macam perkembangbiakan vegetatif alami, antara lain menggunakan umbi lapis, umbi batang, umbi akar,akar tinggal, geragih, tunas, tunas adventif.

b. Perkembangbiakan vegetatif buatan
Perkembangbiakan vegetatif buatan adalah perkembangbiakan secara tidak kawin pada tumbuhan yang sengaja di lakukan oleh manusia atau dengan bantuan manusia. Macam-macam perkembangbiakan vegetative buatan, antara lain mencangkok, menempel (okulasi), menyambung/ mengenten, stek, dan merunduk.
F.     Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, ceramah, diskusi , penugasan

G.    Langkah-langkah Pembelajaran          



a.      Kegiatan Awal
·      Salam Pembuka          
·      Berdoa
·      Perkenalan                  
·      Presensi
·      Menyiapkan siswa baik secara fisik maupun psikis
·      Menyampaikan tujuan KBM kepada siswa
·      Memberikan keyakinan kepada siswa bahwa siswa mampu terhadap materi yang akan dipelajari
·      Apersepsi / Motivasi
-      Apersepsi/ Motivasi
Siswa diminta menceritakan pengalaman pribadinya yang berhubungan dengan tuimbuhan
”Anak-anak apakah kalian mempunyai tanaman atau tumbuhan di sekitar rumah kalian? Tanaman apa saja itu apakah tanaman buah-buahan, sayuran atau tanaman rempah-rempah ?. ”Sekarang kan musim kemarau apakah kalian sering menyiram tanaman-tanaman yang ada di rumah kalian”. ” Nah anak-anak pada pagi hari ini kita akan belajar tentang tumbuhan yaitu tentang perkembangbiakanya


10 menit
Tekun, sopan, disiplin, religius, rasa hormat
Kegiatan Inti                 :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Menjelaskan pengertian perkembangbiakan tumbuhan  baik secara generative ataupun vegetatif.
o   Menjelaskan perkembangbiakan tumbuhan secara generative (melalui penyerbukan) pada tumbuhan, bagian-bagian bunga dan fungsinya, macam penyerbukan pada tumbuhan
o   menjelaskan  perkembangbiakan tumbuhan  secara vegetatif alami dan buatan
o   Menjelaskan  kelemahan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan


& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o  Memberikan gambar sebuah bunga untuk dilengkapi siswa tentang  nama-nama fungsi bagian bunga tersebut secara berkelompok dengan teman sebangkunya
o  Menempelkan gambar tumbuhan  di papan tulis, kemudian menunjuk siswa untuk mengisi pertanyaan yang ada.
o  Memberikan soal kepada siswa untuk dikerjakan secara individu

Konfirmasi
o  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
o  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan,  dan penyimpulan


60 menit
Rasa hormat dan perhatian/kepedulian berani 
Bertanggung jawab , kerjasama
§  KegiatanPenutup
·         Mengucapkan terima kasih kepada siswa karena telah perhatian dan aktif dalam mengikuti pelajaran
·         Guru mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan salam penutup.

5 menit
Perhatian


H.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku paket BSE IPA kelas VI
§  Gambar-gambar tanaman
§  Batang pohon ketela rambat,bawang merah, bawang putih

I.       Penilaian
Tertulis
A. Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!
1.     
c.  Generative
d.  Membelah diri

Perkembangbiakkan tumbuhan secara kawin disebut juga ….
a.       Vegegatif
b.       Regenerasi
c.   Berkembangbiak
d.  Tumbuh dan bergerak

2.   Mahkluk hidup setiap hari bertambah banyak karena ….
a.        Hidup dan tumbuh
b.       Peka terhadap rangsangan
3.   Bawang merah berkembang biak dengan ....
a.      
c.  Umbi batang
d.  Tunas

Umbi akar
b.      Umbi lapis
4.   Pernyataan yang salah tentang perkembangbiakkan tumbuhan adalah ….
a.       Strowberi berkembangbiak dengan tunas
b.      Mangga berkembangbiak dengan biji
c.       Cocor bebek berkembangbiak dengan tunas adventif
d.       Pisang berkembangbiak dengan tunas
      5.   Di bawah merupakan keuntungan perkembangbiakkan secara vegetative buatan kecuali
a.       Hasilnya sama dengan induknya
b.      Cepat berbuah dan memberi hasil
c.       Sifatnya sama dengan induknya
d.      Tidak tahan terhadap hama
      6.  Tanaman pada gambar di bawah ini, berkembang biak menggunakan ....
a.      
Tunas adventif
b.      Geragih
c.       Stek
d.      Umbi lapis



c.  Okulasi
d.  Kopulasi

    7.    Perkembangbiakan yang dilakukan dengan cara menempelkan kulit yang bertunas pada batang pohon induk disebut ….
a.       Mencangkok
b.      Menyetek
c.  Geragih
d.  Stek

     8.   Jahe berkembang biak dengan . . . .
a.       Akar tinggal
b.      Tunas
     9.   ketela pohon berkembang biak dengan . . . .
a.      
c.  Geragih
d.  Stek

Akar tinggal
b.      Tunas
    10.  Jatuhnya serbuk sari ke kepala putik disebut . . .
a.       Pelapukan
b.      Perkembangbiakan
c.       Penyerbukan
d.      Pertumbuhan

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini !

   1.   Sebutkan dan jelaskan 2 macam perkembangbiakan pada tumbuhan ! (nilai 4)
   2.   Sebutkan 4 bagian bunga yang kamu ketahui! (nilai 4)
   3.   Sebutkan dan jelaskan 4 macam penyerbukan pada tumbuhan!(nilai 8)
   4.   Sebutkan 4 tanaman yang berkembangbiak dengan cara stek!(nilai 4)

Kunci jawaban
I  1.  C          6.   C
   2.  C          7.   C
   3.  B          8.   A
   4.  A          9.   D
   5.  D          10. C
II. 1. a. Perkembangbiakan secara generatif adalah perkembangan atau terjadinya   tumbuhan baru secara kawin
b. Perkembang biakan secara vegetatif adalah perkembangan atau terjadinya  tumbuhan baru tanpa ada perkawinan.
       2.  Mahkota, putik, benang sari, kelopak, tangkai bunga
   3.  a.  Penyerbukan sendiri, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga itu sendiri.
b. Penyerbukan tetangga, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain tetapi kedua  bunga      itu masih satu pohon.
c. Penyerbukan silang, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon tetapi masih satu jenis.
d. Penyerbukan bastar, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon dan tidak sejenis tetapi masih satu family.
4. ketela pohon, tebu, mawar, melati, dan kangkung.


CATATAN :
  Nilai =  X 10
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.




                                                                                        Mangunsari, 18 September 2012
        Mengetahui                                                                                
        Kepala Sekolah SD N Mangunsari 01                         Guru praktikan




        P. Muslikan M.Pd                                                   Muhamad Haris Cahyono
       NIP : 19590419 197802 1001                                 NIM : 292009048



Guru kelas VI




Tamadi, S.Pd

       NIP :









Tidak ada komentar:

Poskan Komentar