RENCANA
PELAKASANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD N Tukang
Mata
pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/semester : VI / I
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar
Kompetensi
1.
Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat
hidupnya.
B.
Kompetensi
Dasar
1.2.
Mendeskripsikan ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan dan lingkungan hidupnya.
C.
Indikator
• Mendeskripsikan ciri
khusus yang dimiliki tumbuhan pada daerah panas .
• Mengkaitkan ciri
khusus yang dimiliki tumbuhan dengan lingkungan hidupnya.
• Membuat laporan, tumbuh-tumbuhan di sekitar yang
memiliki ciri khusus dari hasil pengamatan.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik diharapkan dapat
1.
Melakukan
pengamatan pada tumbuhan yang hidup di daerah panas
(tanaman kaktus) dengan bekelompok (bekerjasama)
2.
Mengidentifikasi
ciri-ciri tumbuhan yang hidup di daerah panas berdasarkan
fakta
3. Membuat laporan hasil pengamatan berdasarkan fakta (Kejujuran)
4. Menerapkan kejujuran dalam melakukan
pengamatan dan membuat laporan.
E.
Materi
Pokok / Materi Pembelajaran
Ciri khusus tumbuhan
1. Berbagai tumbuhan
yang memiliki ciri khusus
2. Ciri-ciri khusus
tumbuhan
3. Keterkaitan ciri
khusus tumbuhan dengan lingkungan
F.
Metode
Pembelajaran
1. Model
Pembelajaran
a. Cooperative
Learning (CL)
b. Creative Thinking (CT)
2. Metode
a. observasi
b. Pengamatan
c. Kerja
Kelompok (diskusi)\
G.
Sumber
Belajar
a. Buku
paket IPA kelas 6
b. Tanaman
kaktus
H.
Langkah-Langkah
Kegiatan
- Kegiatan
pendahuluan
·
Guru mengucapakan salam
·
Berdoa bersama
·
Guru melakukan absensi
·
Guru memberikan motivasi mengenai
pelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru bertanya kepada
siswa“ Anak-anak siapa yang tadi pagi
berangkat sekolah melihat pohon? “ Guru bertanya lagi “Pohon apa yang kalian lihat tadi, besar- besar atau kecil?”.” Nah pada
pagi ini kita akan belaljar mengenai tumbuhan yang hidup di daerah panas yaitu
kaktus”.
- Kegiatan
inti
·
Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok
secara hiterogenitas .
·
Guru mempersiapkan tanaman yang akan
diobservasi siswa (tanaman kaktus) kemudian dibagikan kepada tiap kelompok.
·
Guru memberikan arahan kepada semua
kelompok dalam melakukan observasi pada tanaman kaktus.
·
Setelah melakukan observasi siswa
diminta membuat laporan pengamatan mengenai tanaman kaktus dengan membuat
pertanyaan yang disertai dengan jawabanya.\
·
Siswa diberi kebebasan dalam membuat
pertanyaan dan jawaban sesuai dengan daya kreasi mereka.
·
Setiap kelompok membacakan hasil
observasinya mengenai tanaman kaktus yang berisi pertanyaan dan jawabanya.
- Penutup
·
Guru bersama dengan murid-murid menyimpulkan
pembelajaran yang sudah dilakukan.
·
Guru memberikan pekerjaan rumah kepada
siswa.
·
Berdoa bersama
·
Salam penutup.
I.
Penilaian
Hasil Belajar
a. Tehnik
Penilaian
Tertulis
b. Bentuk
Instrumen
Tes uraian
Tukang,
5 maret 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
MHC Muhamad
Haris Cahyono
LAMPIRAN
Bentuk instrument tes
1.
Sebutkan 3 hal penting mengenai tumbuhan kaktus yang telah kamu pelajari di
kelompokmu!
2.
Sebutkan dua hal tentang tumbuhan kaktus yang telah kamu pelajari dari
laporan kelompok lain!
Soal Pekerjaan Rumah
(PR)
1.
Sebutkan 5 tumbuhan yang dapat hidup
pada daerah panas
2.
Sebutkan cirri-ciri tumbuhan yang hidup
pada daerah panas
3.
Sebutkan 5 tumbuhan yang hidup pada
daerah perairan (air)
4.
Sebutkan cirri-ciri tumbuhan hidup pada
daerah perairan (air)
trying
BalasHapus