Senin, 19 November 2012

rpp GI

RENCANA PELAKASANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SD N Tukang
Mata pelajaran             : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/semester            : VI / I
Alokasi waktu             : 2 x 40 menit

A.    Standar Kompetensi
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.
B.     Kompetensi Dasar
1.2. Mendeskripsikan ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan  dan lingkungan hidupnya.
C.    Indikator

• Mendeskripsikan ciri khusus yang dimiliki tumbuhan pada daerah panas .
• Mengkaitkan ciri khusus yang dimiliki tumbuhan dengan lingkungan hidupnya.
• Membuat laporan, tumbuh-tumbuhan di sekitar yang memiliki ciri khusus dari hasil    pengamatan.
D.    Tujuan Pembelajaran

Peserta didik diharapkan dapat
1.      Melakukan pengamatan pada tumbuhan yang hidup di daerah panas (tanaman kaktus)  dengan bekelompok (bekerjasama)
2.      Mengidentifikasi ciri-ciri tumbuhan yang hidup di daerah panas berdasarkan fakta
3.      Membuat laporan hasil pengamatan berdasarkan fakta (Kejujuran)
4.      Menerapkan kejujuran dalam melakukan pengamatan dan membuat laporan.

E.     Materi Pokok / Materi Pembelajaran

Ciri khusus tumbuhan
1. Berbagai tumbuhan yang memiliki ciri khusus
2. Ciri-ciri khusus tumbuhan
3. Keterkaitan ciri khusus tumbuhan dengan lingkungan

F.     Metode Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran
a.       Cooperative Learning (CL)
b.       Creative Thinking (CT)
2.      Metode
a.       observasi
b.       Pengamatan
c.       Kerja Kelompok (diskusi)\

G.    Sumber Belajar
a.       Buku paket IPA kelas 6
b.      Tanaman kaktus

H.    Langkah-Langkah Kegiatan
-       Kegiatan pendahuluan
·         Guru mengucapakan salam
·         Berdoa bersama
·         Guru melakukan absensi
·         Guru memberikan motivasi mengenai pelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru bertanya kepada siswa“ Anak-anak siapa yang tadi pagi berangkat sekolah melihat pohon? “ Guru bertanya lagi “Pohon apa yang kalian lihat tadi, besar- besar atau kecil?”.” Nah pada pagi ini kita akan belaljar mengenai tumbuhan yang hidup di daerah panas yaitu kaktus”.

-       Kegiatan inti
·         Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok secara hiterogenitas .
·         Guru mempersiapkan tanaman yang akan diobservasi siswa (tanaman kaktus) kemudian dibagikan kepada tiap kelompok.
·         Guru memberikan arahan kepada semua kelompok dalam melakukan observasi pada tanaman kaktus.
·         Setelah melakukan observasi siswa diminta membuat laporan pengamatan mengenai tanaman kaktus dengan membuat pertanyaan yang disertai dengan jawabanya.\
·         Siswa diberi kebebasan dalam membuat pertanyaan dan jawaban sesuai dengan daya kreasi mereka.
·         Setiap kelompok membacakan hasil observasinya mengenai tanaman kaktus yang berisi pertanyaan dan jawabanya.

-       Penutup
·         Guru bersama dengan murid-murid menyimpulkan pembelajaran yang sudah  dilakukan.
·         Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
·         Berdoa bersama
·         Salam penutup.

I.       Penilaian Hasil Belajar
a.       Tehnik Penilaian
Tertulis
b.      Bentuk Instrumen
Tes uraian




Tukang, 5 maret 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                             Guru Kelas


                                                                 
MHC                                                                                 Muhamad Haris Cahyono










LAMPIRAN

Bentuk instrument tes
1.      Sebutkan 3 hal penting mengenai tumbuhan kaktus  yang telah kamu pelajari di kelompokmu!
2.      Sebutkan dua hal tentang tumbuhan kaktus  yang telah kamu pelajari dari laporan kelompok lain!

Soal Pekerjaan Rumah (PR)
1.      Sebutkan 5 tumbuhan yang dapat hidup pada daerah  panas
2.      Sebutkan cirri-ciri tumbuhan yang hidup pada daerah  panas
3.      Sebutkan 5 tumbuhan yang hidup pada daerah perairan (air)
4.      Sebutkan cirri-ciri tumbuhan hidup pada daerah perairan (air)

1 komentar: