RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD N Mangunsari 01
Mata Pelajaran : Tematik (Matematika,
PKn, Bahasa Indonesia)
Kelas/Semester : II / I
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit
A. Standar Kompetensi :
Matematika
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500.
PKn
Membiasakan
hidup gotong royong.
Bahasa
Indonesia
Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
B.
Kompetensi
Dasar
Matematika
Melakukan
penjumalahan dengan 1 kali tehnik menyimpan.
PKn
Melaksanakan
pemeliharaan lingkungan alam.
Bahasa
Indonesia
Melengkapi
kalimat sederhana dengan kata yang tepat.
C.
Indikator
Matematika
§ Menjumlahkan 2 bilangan 3 angka hasil
sampai 500 dengan tehnik sejajar.
§ Menjumlahkan 2 bilangan 3 angka hasil
sampai 500 dengan tehnik bersusun pendek.
§ Menjumlahkan 3 bilangan 3 angka hasil sampai 500 dengan tehnik sejajar.
§ Menjumlahkan 3 bilangan 3 angka hasil sampai 500 dengan tehnik bersusun
pendek.
PKn
§ Menjelaskan cara memelihara lingkungan sekitar.
§ Menjelaskan ciri lingkungan bersih dan tidak bersih.
§ Menjelaskan akibat tidak memelihara lingkungan sekitar.
Bahasa Indonesia
§ Membaca puisi dengan intonasi yang benar dan tepat.
§ Menceritakan isi puisi dengan bahasa sendiri.
§ Melengkapi kalimat berdasarkan puisi yang telah di baca.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Matematika
§ Siswa dapat menjumlahkan 2 bilangan 3 angka hasil sampai 500 dengan tehnik sejajar dengan
benar.
§ Siswa dapat menjumlahkan 2 bilangan
3 angka hasil sampai 500 dengan tehnik bersusun
pendek dengan benar.
§ Siswa dapat menjumlahkan 3 bilangan
3 angka hasil sampai 500 dengan tehnik sejajar dengan benar.
§ Siswa dapat menjumlahkan 3 bilangan 3 angka hasil sampai 500 dengan
tehnik bersusun pendek dengan benar.
PKn
§ Siswa dapat menjelaskan cara memelihara lingkungan sekitar dengan benar.
§ Siswa dapat menjelaskan ciri lingkungan
bersih dan tidak bersih dengan benar.
§ Siswa dapat menjelaskan akibat tidak memelihara lingkungan sekitar dengan
benar.
Bahasa Indonesia
§ Siswa dapat membaca puisi dengan
intonasi yang benar dan tepat.
§ Siswa dapat menceritakan isi puisi
dengan bahasa sendiri dengan baik.
§ Siswa dapat melengkapi kalimat berdasarkan puisi yang telah di baca
dengan benar.
·
Karakter yang diharapkan
Ø
Displin
Ø
Berani
Ø
Bertanggung jawab
Ø
Kerja sama
Ø
Rasa
hormat
Ø
Perhatian
Ø
Religius
Ø
Tekun
Ø
Percaya
diri
E.
Materi
Pembelajaran
Matematika
A
|
B.
Penjumlahan 3 bilangan 3 angka
123 + 133 + 116 = 362
123
133
116
362
Cara merawat lingkungan sekitar
lingkungan
adalah tempat kita berpijak contohnya: lingkungan sekolah,lingkungan
rumah,dan lain-lain. lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang sehat.
kita sangat perlu menjaga kebersihan lingkungan kita sendiri.
Beberapa cara untuk menjaga
lingkungan sekitar:
-
Tidak membuang sampah sembarangan.
-
Mengunakan bahan-bahan yang mudah didaur ulang.
-
Membersihkan saluran air.
-
Tidak menggunakan kendaraan bermotor berlebihan.
-
Membersihkan lingkungan sekitar secara teratur.
Ciri-ciri lingkungan bersih
:
-
Udaranya bersih
-
Airnya bersih
-
Tidak ada sampah yang berserakan
Ciri-ciri lingkungan kotor:
-
Airnya kotor
-
Udaranya tidak segar
-
Terdapat banyak sampah yang berserakan
kondisi lingkungan sekitar
kita sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. jika kita tinggal di
tempat lingkungan yang bersih maka tubuh akan terasa sehat, dan sebaliknya
jika kita tinggal di tempat lingkungan yang kotor maka, kita akan mudah
untuk terjangkit wabah-wabah penyakit yang ada ,contohnya:
-
Demam berdarah
-
Flu burung
-
Malaria dan lain-lain
|
Bahasa Indonesia
F.
Metode
Pembelajaran / model pembelajaran
Metode pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Demonstrasi
Penugasan
Model pembelajaran
Aktif learning
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
a) Kegiatan Awal (5 menit)
-
Salam Pembuka
-
Berdoa
-
Perkenalan
-
Presensi
-
Menyiapkan siswa baik secara fisik maupun psikis
-
Menyampaikan
tujuan KBM kepada siswa
-
Memberikan
keyakinan kepada siswa bahwa siswa mampu terhadap materi yang akan dipelajari
-
Apersepsi / Motivasi :
o
Matematika
Tanya jawab dengan siswa : “ Bapak
ingin bertanya kepada anak-anak, siapa diantara anak-anak yang senang
berhitung?”.
o
PKn
Tanya jawab dengan siswa : “ Anak –
anak apa yang kalian lakukan apabila melihat halaman rumah kalian kotor?”.
o
Bahasa
Indonesia
“ Anak –anak siapa yang mau membaca puisi
bersama- sama bapak ?”.
b)
Kegiatan Inti (40 menit)
Eksplorasi
-
Guru menjelaskan materi pelajaran menjumlahkan 2 bilangan
3 angka dan 3 bilangan 3 angka dengan tehnik 1 kali menyimpan.
-
Guru menjelaskan cara merawat lingkungan sekitar
-
Guru menempelkan puisi yang nantinya dibaca
bersama-sama dengan siswa.
Elaborasi
-
Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan
guru menjumlahkan bilangan dengan tehnik 1 kali
menyimpan .
-
Siswa memperhatikan penjelaan guru tentang cara
merawat lingkungan sekitar.
-
Siswa membaca puisi dengan intonasi yang benar.
Konfirmasi
-
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang materi yang belum jelas.
-
Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
c) Kegiatan akhir ( 15 menit)
-
Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi.
-
Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan terima
kasih kepada semua siswa karena telah penuh semangat mengikuti pelajaran.
-
Guru mengucapkan salam.
H. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
-
Buku paket
“senang matematika” untuk kelas II.
-
Buku paket
“ Pendidikan Kewarganegaraan” untuk kelas II.
-
Buku Paket
“ Cinta Berbahasa Indonesia” untuk kelas II.
I. Evaluasi
-
Jenis tes : Tertulis
-
Bentuk soal : Isian
-
Soal tes :
Terlampir
-
Kunci jawaban tes :
Terlampir
-
Prosedur penilaian :
Terlampir
Salatiga,
3 Oktober 2012
Guru
Kelas III Guru
Praktikan
Siti
Ambarukmi,S.Pd.SD Muhamad
Haris. C
Nip.195905171992032003
Nim.292009048
Mengetahui
Kepala
Sekolah
P.Muslikan,M.Pd
Nip.195904191978021001
Lampiran
I.
Soal Evaluasi
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan
jawaban yang tepat dan benar!
1)
223 + 138 = . . . . . . . . . . . .
2)
135 + 134 +111 = . . . . . . . .
3)
Sebutkan 2 cara merawat lingungan sekitar ?
4)
Menurut puisi yang berjudul lampu. Lampu adalah . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . .
5)
Menurut puisi yang berjudul lampu. Tak terbayang olehku
jika . . . . . . . . . . .lampu.
Kunci jawaban
1)
361
2)
370
3)
Tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan
lingungan sekitar secara teratur
4)
Penerang
5)
Tidak ada
Penilaian
Nilai =
x 100
Setiap
angka jika benar skor = 3
II.
Soal Remidial
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan
jawaban yang tepat dan benar!
1)
129 + 119 = . .
.
2)
Sebutkan 2 ciri lingkungan kotor?
Kunci jawaban
1)
248
2)
Banyak sampah , udaranya tidak segar
Penilaian
Nilai =
x 100
Setiap
angka jika benar skor = 5
III.
Soal Pengayaan
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan
jawaban yang tepat dan benar!
1)
164 + 174 + 111 =
2)
Sebutkan 2 penyakit jika lingkungan kotor.
3)
Sebutkan inti dari puisi yang berjudul
lampu?
Penilaian
Nilai =
x 100
Setiap angka jika benar skor = 3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar