Selasa, 20 November 2012

RPP KLS 4


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                   :   SD N Mangunsari 01
Mata Pelajaran        :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        :   IV / I
Alokasi Waktu        :   2 x 35 menit

A.    Standar  Kompetensi        : 
4. Menulis mengungkapkan pikiran perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat.

B.     Kompetensi Dasar
4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat sehingga menjadi kalimat yang padu.

C.     Indikator
·         Membaca cerita dengan jelas dan keras
·         Menjawab pertanyaan tentang isi cerita
·         Menyimpulkan isi cerita
·         Menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri
·         Mengetahui langkah-langkah dalam melengkapi  cerita yang hilang.
·         Melengkapi bagian cerita yang hilang.

D.    Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat membaca cerita dengan dengan jelas dan keras.
·         Setelah membaca cerita siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi cerita dengan benar.
·         Setelah membaca cerita siswa dapat menyimpulkan isi cerita dengan benar.
·         Setelah membaca cerita siswa dapat menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri.
·         Setelah memperhatikan penjelasan guru siswa dapat mengetahui langkah-langkah dalam melengkapi  cerita yang hilang.
·         Setelah membaca  cerita siswa dapat melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan benar.

·         Karakter yang diharapkan
Ø  Displin
Ø  Berani
Ø  Kerja sama
Ø  Rasa hormat dan bertanggung jawab
Ø  Perhatian 
Ø  Religius
Ø  Percaya diri

E.     Materi Pembelajaran

MELENGKAPI CERITA RUMPANG

Cerita rumpang adalah cerita yang belum selesai atau cerita yang belum lengkap. Untuk itu, kamu diajak melengkapi cerita rumpang agar menjadi cerita yang utuh.
Langkah-langkah Melengkapi Bagian Cerita yang Rumpang
Kamu akan belajar membuat cerita dengan melanjutkan cerita yang kurang. Kamu juga dapat melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang). Agar kamu mudah dalam melengkapinya, perhatikan langkah-langkah berikut.
a.       Bacalah cerita dengan teliti.
b.      Temukan bagian cerita yang kurang atau hilang.
c.        Lengkapilan cerita yang kurang atau hilang dengan bahasamu sendiri. Tapi ingat bahasa dan kalimat harus tepat atau padu.

1. Membaca Cerita Lengkap
Bacalah cerita utuh di bawah ini!

Kegiatan Keluarga Pak Abas

Angga adalah anak yang pandai di kelasnya. Selain rajin, ia juga patuh kepada orang tuanya. Ia juga disenangi oleh teman-temannya karena ramah dan tidak sombong. Pak Abas adalah ayah Angga. Ia seorang guru SMA di kotanya. Untuk menambah penghasilan keluarganya, Pak Abas memelihara ayam di kebun belakang rumah.
Angga rajin membantu ayahnya memberi makan ayam-ayam dan membersihkan kandang setelah salat subuh. Sementara Anggi, adiknya, baru duduk di kelas satu. Ia rajin menyapu lantai rumah membersihkan kaca jendela, dan membantu ibu menyiapkan sarapan pagi. Tepat pukul enam pagi, seluruh anggota keluarga sudah rapi dan siap di depan meja makan. Mereka makan pagi bersama, kemudian berangkat ke tempat kegiatan masing-masing.
Pada siang hari, Angga dan Anggi pulang dari sekolah. Mereka segera berganti pakaian dan mencuci tangan. Lalu, mereka beristirahat dengan menonton televisi sambil menunggu ayahnya pulang.
Setelah ayahnya pulang, mereka makan siang bersama. Selanjutnya, mereka beristirahat sambil bercerita tentang pengalaman masing-masing di sekolah. Tak lama kemudian, Pak Abas dibantu Angga memberi makan dan mengganti air minum ayamnya, sementara Anggi membantu ibu mencuci piring di dapur.
Setelah semua pekerjaan selesai, Angga dan Anggi mengulangi pelajaran yang didapatkannya hari itu. Jika mengalami kesulitan, mereka menanyakan kepada ayah. Pak Abas menunggui mereka belajar sambil membaca buku atau koran. Selesai mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh ibu guru di sekolah, Angga bermain ke tanah lapang.
Sore harinya setelah salat magrib, keluarga Pak Abas sudah siap di depan meja makan. Mereka makan malam dengan lahap, kemudian bercakap-cakap sebentar sambil menonton televisi di ruang tengah. Setelah itu, Angga dan Anggi masuk ke kamar masing-masing untuk
belajar. Tepat pukul sembilan malam Angga dan Anggi tidur.

(K. Darmadi, 2007)


 




























2. Melengkapi cerita rumpang
Berdasarkan cerita berjudul “Kegiatan Keluarga Pak Abas” di depan, coba tulis kembali cerita rumpang di bawah ini
 



















F.      Metode Pembelajaran / model pembelajaran
Metode pembelajaran
*      Ceramah
*      Tanya jawab
*      Diskusi
*      Penugasan
Model pembelajaran
*      Kartu arisan

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
a)      Kegiatan Awal (5 menit)
-          Salam Pembuka          
-          Berdoa (apabila jam pertama )           
-          Presensi (secara klasikal)
-          Menyiapkan siswa baik secara fisik maupun psikis
-          Memberikan keyakinan kepada siswa bahwa siswa mampu terhadap materi yang akan dipelajari
-          Apersepsi / Motivasi   : 
“ Anak-anak apakah kalian pernah membaca sebuah cerita? Cerita apa yang pernah kalian baca? Nah. . . anak-anak sekarang kita akan belajar mengenai cerita rumpang.
-          Menyampaikan tujuan KBM kepada siswa.

b)      Kegiatan Inti (40 menit)
*      Eksplorasi 
-          Siswa bertanya jawab dengan guru tentang cerita rumpang.
-          Siswa membaca sebuah kalimat yang utuh.
-          Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang langkah-langkah dan contoh melengkapi cerita rumpang.

*      Elaborasi
-          Siswa berdiskusi melengkapi cerita rumpang dengan dengan kata atau kalimat yang tepat.
-          Perwakilan kelompok yang dipilih dengan menggunakan kartu arisan  maju ke depan untuk melengkapi cerita rumpang  dengan kata atau kalimat yang tepat.
-          Siswa atau kelompok yang tidak maju memberikan komentar terhadap pekerjaan temanya yang telah maju di depan kelas.


*      Konfirmasi
-          Siswa melakukan refleksi pelajaran dengan guru.
-          Siswa bertanya kepada guru tentang materi yang belum dipahami.
-          Siswa dengan bimbingan dari guru membuat kesimpulan dari kegiatan yang telah dilaksanakan.

c)      Kegiatan akhir ( 25 menit)
-          Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi.
-          Siswa dan guru membahas penyelesaian soal evaluasi.(apabila waktunya masih cukup).
-          Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan terima kasih kepada semua siswa karena telah penuh semangat mengikuti pelajaran.
-          Guru mengucapkan salam.
Tindak lajut
-          Guru menilai hasil kerja siswa.
-          Guru menganalisis hasil evaluasi
-          Guru mengadakan perbaikan kepada siswa yang nilainya kurang dari 70, dan memberikan pengayaan kepada siswa yang nilainya melebihi KKM.

H.     Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
-          Buku BSE Bahasa Indonesia kelas IV.
-          Teks cerita

I.       Evaluasi
-          Jenis tes           : tertulis
-          Bentuk soal     : isian
-          Instrumen



1. Isilah cerita rumpang di bawah ini dengan jawaban  yang telah di sediakan dalam kotak!

Pasar di Pagi Hari

Besok sore rumah Lusi akan dipakai untuk arisan keluarga. Sebelum tidur ibu berpesan agar Lusi . . . . . . . . . (a) karena mau diajak ke pasar. Ibu harus berbelanja untuk keperluan besok. Tepat pukul 5 pagi Lusi bangun. Lalu cuci muka dan gosok gigi. Ibu mencatat apa yang akan dibeli. Lusi dan ibu . . . . . . . . . . (b) ke pasar. Sampai di pasar, ibu membuka catatan dan mencari apa-apa yang dibutuhkan. Lusi senang menemani ibu belanja.
 Satu demi satu pedagang didatangi. Kami . . . . . . . (c) banyak sayur mayur, seperti: terong, wortel, dan bayam. Ibu memilihnya dengan hati-hati. Selain penjual dan pembeli barang, di pasar juga ada penjual jasa angkut atau biasa disebut kuli panggul. Tugasnya . . . . . .  (d) barang belanjaan yang berat-berat. Karena belanjaan kami cukup banyak, Ibu menggunakan jasa seorang kuli panggul. Lusi memperhatikannya, badannya . . . . . . . . . . . . . . .(e).Ibu dan Lusi pulang dengan belanjaan yang banyak. Bapak kuli panggul bertanya apakah ibu ingin menggunakan becak. Kemudian, ibu minta dipanggilkan satu. Dan akhirnya, mereka pulang naik becak.

mengangkut
bangun pagi
besar dan berotot
membeli
berangkat

2.  Apa pesan ibu sebelum Lusi tidur ?
3.  Apa kesimpulan cerita di atas?
4.  Ceritakan kembali cerita di atas dengan bahasamu sendiri?
5.  Sebutkan langkah-langkah melengkapi cerita rumpang?

Kunci jawaban
1.         a. bangun pagi
            b.  berangkat
            c.  membeli
            d.  mengangkut
            e.  besar dan berotot
2.  Pesan ibu kepada Lusi adalah agar Lusi bangun Pagi.
3.  Ibu dan Lusi bangun pagi karena ingin berbelanja untuk keperluan arisan.
4.  Menyesuaikan
5.         -  Bacalah cerita dengan teliti.
-  Temukan bagian cerita yang kurang atau hilang.
-  Lengkapilan cerita yang kurang atau hilang dengan bahasamu sendiri


Penilaian
Nilai  =  x 100
Setiap angka jika benar skor  = 5

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



Salatiga, 20 November 2012
Guru Kelas IV                                                            `           Guru Praktikan


Sri Damayanti. Y, S.Pd.SD                                        Muhamad Haris. C
Nip.                                                                             Nim.292009048


Mengetahui
Kepala Sekolah                                  


P.Muslikan,M.Pd                                           
Nip.195904191978021001
Lampiran
Soal  diskusi

Isilah kalimat dibawah ini dengan kalimat yang sudah di sediakan!
Mengharumkan Sekolah
1

 

Setiap hari Jumat sekolah kami mengadakan kegiatan Jumat Bersih.
Untuk memperlancar kegiatan tersebut, para siswa diwajibkan membawa alat-alat kebersihan, seperti sapu dan kemoceng.
2

Kegiatan Jumat Bersih minggu ini tidak hanya sekedar membersihkan lingkungan sekolah, tetapi juga mengadakan gerakan mengharumkan sekolah.
Kegiatan mengharumkan sekolah dilakukan agar para guru dan siswa lebih kerasan dan kegiatan belajar di kelas berlangsung lancar.
3

Oleh karena itu, para guru maupun siswa harus bertanggung jawab atas kebersihan dan harumnya sekolah.
Gerakan mengharumkan sekolah dimulai dengan mengharumkan ruang kelas.
4

Ini menjadi tanggung jawab para penghuni kelas.

Setelah kelas disapu dan dipel, meja dan kursi ditata.
Selanjutnya kelas dan ruang diberi pengharum ruangan. Selain itu, kamar kecil juga diharumkan.
Setiap hari Jumat sekolah kami . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .kegiatan Jumat Bersih.

Oleh karena itu, para guru maupun siswa harus bertanggung jawab atas . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . sekolah.

Mengadakan
Tanggung jawab         
Kebersihan dan harumnya            
Membersihkan
Ini menjadi  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . para penghuni kelas.

Kegiatan Jumat Bersih minggu ini tidak hanya sekedar . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . lingkungan sekolah, tetapi juga mengadakan gerakan mengharumkan sekolah.

 





























Kunci jawaban
Mengharumkan Sekolah

Setiap hari Jumat sekolah kami mengadakan kegiatan Jumat Bersih.
Untuk memperlancar kegiatan tersebut, para siswa diwajibkan membawa alat-alat kebersihan, seperti sapu dan kemoceng.
Kegiatan Jumat Bersih minggu ini tidak hanya sekedar membersihkan lingkungan sekolah, tetapi juga mengadakan gerakan mengharumkan sekolah.
Kegiatan mengharumkan sekolah dilakukan agar para guru dan siswa lebih kerasan dan kegiatan belajar di kelas berlangsung lancar.
Oleh karena itu, para guru maupun siswa harus bertanggung jawab atas kebersihan dan harumnya sekolah.
Gerakan mengharumkan sekolah dimulai dengan mengharumkan ruang kelas.
Ini menjadi tanggung jawab para penghuni kelas.
Setelah kelas disapu dan dipel, meja dan kursi ditata.
Selanjutnya kelas dan ruang diberi pengharum ruangan. Selain itu, kamar kecil juga diharumkan.

Senin, 19 November 2012

RPP KLS II


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                   :   SD N Mangunsari 01
Mata Pelajaran        :   Tematik (Matematika, PKn, Bahasa Indonesia)
Kelas/Semester        :   II / I
Alokasi Waktu        :   3 x 35 menit

A.    Standar  Kompetensi        :          
Matematika
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500.

PKn
Membiasakan hidup gotong royong.

Bahasa Indonesia
Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.

B.     Kompetensi Dasar
Matematika
Melakukan penjumalahan dengan 1 kali tehnik menyimpan.

PKn
Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam.

Bahasa Indonesia
Melengkapi kalimat sederhana dengan kata yang tepat.

C.    Indikator
Matematika

§  Menjumlahkan 2 bilangan 3 angka  hasil sampai 500 dengan tehnik sejajar.
§  Menjumlahkan 2 bilangan 3 angka  hasil sampai 500 dengan tehnik bersusun pendek.
§  Menjumlahkan 3 bilangan 3 angka hasil sampai 500 dengan tehnik sejajar.
§  Menjumlahkan 3 bilangan 3 angka hasil sampai 500 dengan tehnik bersusun pendek.

PKn
§  Menjelaskan cara memelihara lingkungan sekitar.
§  Menjelaskan ciri lingkungan bersih dan tidak bersih.
§  Menjelaskan akibat tidak memelihara lingkungan sekitar.

Bahasa Indonesia
§  Membaca puisi dengan intonasi yang benar dan tepat.
§  Menceritakan isi puisi dengan bahasa sendiri.
§  Melengkapi kalimat berdasarkan puisi yang telah di baca.

D.    Tujuan Pembelajaran
Matematika
§  Siswa dapat menjumlahkan 2 bilangan 3 angka  hasil sampai 500 dengan tehnik sejajar dengan benar.
§  Siswa dapat  menjumlahkan 2 bilangan 3 angka  hasil sampai 500 dengan tehnik bersusun pendek dengan benar.
§  Siswa dapat  menjumlahkan 3 bilangan 3 angka hasil sampai 500 dengan tehnik sejajar dengan benar.
§  Siswa dapat menjumlahkan 3 bilangan 3 angka hasil sampai 500 dengan tehnik bersusun pendek dengan benar.


PKn
§  Siswa dapat menjelaskan cara memelihara lingkungan sekitar dengan benar.
§  Siswa dapat  menjelaskan ciri lingkungan bersih dan tidak bersih dengan benar.
§  Siswa dapat menjelaskan akibat tidak memelihara lingkungan sekitar dengan benar.


Bahasa Indonesia
§  Siswa dapat  membaca puisi dengan intonasi yang benar dan tepat.
§  Siswa dapat  menceritakan isi puisi dengan bahasa sendiri dengan baik.
§  Siswa dapat melengkapi kalimat berdasarkan puisi yang telah di baca dengan benar.

·         Karakter yang diharapkan
Ø  Displin
Ø  Berani
Ø  Bertanggung jawab  
Ø  Kerja sama
Ø  Rasa hormat
Ø  Perhatian 
Ø  Religius
Ø  Tekun
Ø  Percaya diri

E.     Materi Pembelajaran
Matematika
A
 
B. Penjumlahan 3 bilangan 3 angka
123 + 133 + 116 =  362

123
133
116
362








Cara merawat lingkungan sekitar
lingkungan adalah tempat kita berpijak contohnya: lingkungan sekolah,lingkungan rumah,dan lain-lain. lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang sehat. kita sangat perlu menjaga kebersihan lingkungan kita sendiri.
Beberapa cara untuk menjaga lingkungan sekitar:
-          Tidak membuang sampah sembarangan.
-          Mengunakan bahan-bahan yang mudah didaur ulang.
-          Membersihkan saluran air.
-          Tidak menggunakan kendaraan bermotor berlebihan.
-          Membersihkan lingkungan sekitar secara teratur.
Ciri-ciri lingkungan bersih :
-          Udaranya bersih
-          Airnya bersih
-          Tidak ada sampah yang berserakan
Ciri-ciri lingkungan kotor:
-          Airnya kotor
-          Udaranya tidak segar
-          Terdapat banyak sampah yang berserakan
kondisi lingkungan sekitar kita sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. jika kita tinggal di tempat lingkungan yang bersih maka tubuh akan terasa sehat, dan sebaliknya jika kita tinggal di tempat lingkungan yang kotor maka, kita akan mudah untuk terjangkit wabah-wabah penyakit yang ada ,contohnya:
-          Demam berdarah
-          Flu burung
-          Malaria dan lain-lain

PKn






























Bahasa Indonesia


F.     Metode Pembelajaran / model pembelajaran
Metode pembelajaran
*      Ceramah
*      Tanya jawab
*      Demonstrasi
*      Penugasan
Model pembelajaran
*      Aktif  learning

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
a)      Kegiatan Awal (5 menit)
-          Salam Pembuka          
-          Berdoa
-          Perkenalan                  
-          Presensi
-          Menyiapkan siswa baik secara fisik maupun psikis
-          Menyampaikan tujuan KBM kepada siswa
-          Memberikan keyakinan kepada siswa bahwa siswa mampu terhadap materi yang akan dipelajari
-          Apersepsi / Motivasi   : 
o   Matematika
Tanya jawab dengan siswa : “ Bapak ingin bertanya kepada anak-anak, siapa diantara anak-anak yang senang berhitung?”.
o   PKn
Tanya jawab dengan siswa : “ Anak – anak apa yang kalian lakukan apabila melihat halaman rumah kalian kotor?”.
o   Bahasa Indonesia
“ Anak –anak siapa yang mau membaca puisi bersama- sama bapak ?”.

b)     Kegiatan Inti (40 menit)
*      Eksplorasi
-          Guru menjelaskan materi pelajaran menjumlahkan 2 bilangan 3 angka dan 3 bilangan 3 angka dengan tehnik 1 kali  menyimpan.
-          Guru menjelaskan cara merawat lingkungan sekitar
-          Guru menempelkan puisi yang nantinya dibaca bersama-sama dengan  siswa.
*      Elaborasi
-          Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan guru menjumlahkan bilangan dengan tehnik 1 kali  menyimpan .
-          Siswa memperhatikan penjelaan guru tentang cara merawat lingkungan sekitar.
-          Siswa membaca puisi dengan intonasi yang benar.
*      Konfirmasi
-          Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas.
-          Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.


c)      Kegiatan akhir ( 15 menit)
-          Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi.
-          Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan terima kasih kepada semua siswa karena telah penuh semangat mengikuti pelajaran.
-          Guru mengucapkan salam.

H.     Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
-          Buku paket “senang matematika”  untuk kelas II.
-          Buku paket “ Pendidikan Kewarganegaraan” untuk kelas II.
-          Buku Paket “ Cinta Berbahasa Indonesia” untuk kelas II.

I.       Evaluasi
-          Jenis tes                             : Tertulis
-          Bentuk soal                       : Isian
-          Soal tes                              : Terlampir
-          Kunci jawaban tes             : Terlampir
-          Prosedur penilaian             : Terlampir








Salatiga, 3 Oktober 2012
Guru Kelas III                                                            Guru Praktikan


Siti Ambarukmi,S.Pd.SD                                            Muhamad Haris. C
Nip.195905171992032003                                         Nim.292009048



Mengetahui
Kepala Sekolah                                  


P.Muslikan,M.Pd                                           
Nip.195904191978021001                















Lampiran

                                                                                                                               I.            Soal Evaluasi
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat dan benar!
1)      223 + 138 = . . . . . . . . . . . .
2)      135 + 134 +111 = . . . . . . . .
3)      Sebutkan 2 cara merawat lingungan sekitar ?
4)      Menurut puisi yang berjudul lampu. Lampu adalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
5)      Menurut puisi yang berjudul lampu. Tak terbayang olehku jika . . . . . . . . . . .lampu.


Kunci jawaban
1)      361
2)      370
3)      Tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan lingungan sekitar secara teratur
4)      Penerang
5)      Tidak ada

Penilaian
Nilai  =  x 100
Setiap angka jika benar skor  = 3









                                                                                                                            II.            Soal Remidial  

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat dan benar!
1)      129 + 119  = . . .
2)      Sebutkan 2 ciri lingkungan kotor?

Kunci jawaban
1)      248
2)      Banyak sampah , udaranya tidak segar

Penilaian
Nilai    =  x 100
Setiap angka jika benar skor = 5


                                                                                                                         III.            Soal Pengayaan

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat dan benar!
1)      164 + 174 + 111 =
2)      Sebutkan 2 penyakit jika lingkungan kotor.
3)      Sebutkan inti dari puisi yang berjudul lampu?

Penilaian
Nilai          =  x 100
Setiap angka jika benar skor = 3